MENGOLAH KATA DI PERANGKAT LUNAK
Mengolah Kata di Perangkat Lunak
1. Menggunakan Microsoft Office Word 2007
Aplikasi pengolah kata atau word processor merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dan berkaitan dengan dokumen. Kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi pengolah kata, seperti tahapan membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting, ataupun mencetak dokumen.
Aplikasi mengolah kata yang diinstalasi di komputer memiliki beragam jenis. Ada yang berbayar hingga bisa didapatkan secara gratis. Microsoft Word merupakan aplikasi berbayar di bawah lisensi Microsoft.
Aplikasi Microsoft Word juga memiliki beragam versi. Pada dasarnya setiap versi aplikasi Microsoft Word memiliki fungsi sama, yaitu untuk mengolah kata. Perbedaannya hanya terdapat pada bentuk tampilan dan adanya fitur baru atau fitur tambahan yang semakin memudahkan pengguna untuk mengolah kata.
Cara menggunakan Microsoft Office Word 2007 cukup mudah. Untuk mengaktifkannya dapat dilakukan dengan cara klik menu Start → All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007. Cara lainnya dengan menuliskan Microsoft Word pada Search yang ada di menu Start, atau jika di aplikasi ini sudah ada di deskop, Anda tinggal mengklik dua kali pada ikon Microsoft Office Word 2007.
Apabila telah selesai menggunakannya, Anda dapat dengan mudah menutupnya dengan cara berikut.
- Simpan lembar kerja yang sudah dibuat.
- Tutup program dengan cara pilih salah satu langka berikut.
2) Tekan kombinasi tombol Alt + F4 pada keyboard.
3) Klik tombol Close pada control button.
- Tunggu proses sampai selesai.
2. Fitur - fitur Microsoft Office Word 2007
Tampilan lembar kerja Microsoft Office Word 2007 beserta penjelasan fiturnya.
- Office Button, merupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokumen, seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, mengirim dokumen, melakukan publish dokumen, dan keluar dari program.
- Quick Access Toolbar, merupakan toolbar yang berisi ikon - ikon perintah yang sering digunakan.
- Title bar, merupakan baris judul dari dokumen yang sedang aktif.
- Control button, merupakan tombol untuk mengendlikan jendela aplikasi Microsoft Word. Ada tiga macam tombol, yaitu Minimize yang berfungsi untuk memperkecil jendela Microsoft Word dan membentuk ikon aktif pada taksbar, tombol Maximize untuk memperbesar ukuran jendela sehingga menjadi satu layar penuh, serta tombol Close untuk menutup jendela Microsoft Word.
- Menu bar, merupakan bagian tabulasi menu yang berisi sederetan grub / kelompok ikon yang otomatis akan muncul menyesuaikan dengan yang dikerjakan.
- Help button, merupakan tombol untuk menampilkan jendela bantuan tentang penggunaan Microsoft Office Word 2007.
- Grub, merupakan bagian dari tab menu yang berisi ikon - ikon perintah pengerjaan program.
- Tombol kotak dialog, merupakan tombol yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog lanjutan.
- Ruler, merupakan bagian untuk mengatur ukuran lembar kerja serta indentasi paragraf. Ruler ada dua macam, yaitu horizontal ruler yang terletak di bagian atas lembar kerja dan vertical ruler yang terletak di sebelah kiri lembar kerja. Fungsi horizontal ruler adalah untuk membuat indentasi, tabulasi, serta mengatur tabel. Adapun vertical ruler digunakan untuk mengatur lebar baris pada tabel dan tinggi rendah margin kertas secara manual.
- Lembar kerja, merupakan tempat untuk mengetik dan mengolah dokumen.
- Scroll bar, merupakan bagian yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja. Ada dua macam scroll bar, yaitu horizontal scroll bar yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke kiri atau ke kanan dan vertical scroll bar yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
- Status bar, merupakan bagian yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif, seperti jumlah halaman, nomor halaman, jumlah huruf, dan sebagainya.
- View toolbar, merupakan bagian yang berisi tombol - tombol untuk mengatur tampilan lembar kerja Microsoft Word.
- Zoom control, merupakan bagian yang berisi panel untuk mengatur ukuran tampilan lembar kerja.
3. Mengolah Data di Microsoft Office Word 2007
a. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Office Word 2007 menggunakan langkah - langkah
sebagai berikut.
- Gunakan perintah shortcut Ctrl+N pada keyboard, atau klik ikon New yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau tekan Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih New.
- Maka, akan muncul jendela New Document.
- pilih Blank document, kemudian tekan tombol Create. Maka, lembar kerja dokumen baru akan muncul.
Apabila sudah selesai menggunakan program Microsoft Office Word 2007 untuk menyimpan file
yang sudah dibuat lakukan langkah - langkah berikut.
- Gunakan perintah shortcut Ctrl+S pada keyboard, atau klik ikon Save yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau klik Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih Save As.
- Maka, akan muncul kotak dialog Save As.
- Pada bagian Save in pilih drive atau folder yang diinginkan.
- Ketik nama file pada bagian File name.
- Klik tombol Save.
Apabila sudah pernah membuat file pada Microsoft Office Word 2007 dan ingin membuka kembali
file tersebut gunakan salah satu cara berikut.
- Menggunakan ikon Open yang terdapat pada Quick Access Toolbar.
- Menggunakan menu Open yang terdapat pada Office Button.
- Menggunakan perintah shortcut Ctrl+O pada keyboar.
- Melalui menu My Documents yang bisa diaktifkan melalui klik tombol Start → pilih My Documents.
- Melalui fasilitas Windows Explorer yang terdapat pada komputer.
Untuk menyalin atau menggandakan dokumen pada Microsoft Office Word 2007 gunakan cara
berikut.
- Lakukan blok atau seleksi pada paragraf.
- Pada grup Clipboard → klik ikon Copy atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard.
- Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan.
- Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard.
Jika ingin memindahkan teks atau objek menggunakan cara berikut.
- Lakukan blok atau seleksi pada teks dan objek yang akan dipindahkan.
- Klik ikon Cut yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+X pada keyboard.
- Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan.
- Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard.
Untuk mencetak dokumen menggunakan cara berikut.
- Klik ikon Print yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau tekan Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih Print.
- Maka, akan muncul jendela Print seperti gambar berikut.
g. Mengatur Batas Margin Halaman
Margin adalah jarak antara teks atau batas pengetikan dan tepi kertas. Untuk mengatur margin halaman bisa menggunakan ruler atau ikon Margin yang terdapat pada tab menu Page Layout. Untuk mengatur batas margin halaman menggunakan cara sebagai berikut.
- Aktifkan dokumen yang akan diatur batas marginnya.
- Pada tab menu Page Layout → grub Page Setup → klik ikon Margins, akan muncul pilihan seperti gambar di bawah.
- Pilih salah satu ukuran margin yang diinginkan dengan cara klik satu kali menggunakan mouse.
- Apabila ingin mengatur batas margin lebih lanjut, klik pada pilihan Custom Margins sehingga muncul jendela Page Setup seperti gambar berikut.
- Atur batas margin sesuai dengan yang diinginkan.
- Setelah selesai, klik tombol Ok.
4. Memformat Dokumen Microsoft Office Word 2007
a. Pengaturan Teks
Jika ingin mengatur teks pada paragraf menggunakan cara berikut.
- Lakukan seleksi pada teks yang akan diformat.
- Klik pada salah satu ikon yang terdapat pada tab menu Home → grup Font.
b. Pengaturan Paragraf
1. Indentasi Paragraf
Indentasi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraf. Untuk megatur
indentasi paragraf salah satunya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang
terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja. Berikut adalah bagian - bagian dari ruler.
Cara melakukan indentasi paragraf menggunakan ruler adalah seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur indentasinya.
b) Pada bagian ruler lakukan klik, tahan, dan geser pada bagian First Line Indent, Left Indent,
Hanging Indent, atau Right Indent.
2. Mengatur Perataan Paragraf
Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur perataannya.
b) Pada tab Home → grup Paragraph → klik salah satu ikon perataan, yaitu Align Text Left,
Center, Align Text Right, atau Justify.
c) Berikut adalah contoh pemakaiannya.
(1) Align Text Left atau Ctrl+L.
Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan
konsep - konsep permasalahan tertentu dari cabang - cabang sel saraf yang membentuk
korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di
atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.
(2) Center atau Ctrl+E.
Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan
konsep - konsep permasalahan tertentu dari cabang - cabang sel saraf yang membentuk
korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di
atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.
(3) Align Text Right atau Ctrl+R
Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan
konsep - konsep permasalahan tertentu dari cabang - cabang sel saraf yang membentuk
korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di
atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.
(4) Justify atau Ctrl+J
Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan
konsep - konsep permasalahan tertentu dari cabang - cabang sel saraf yang membentuk
korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di
atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.
3. Mengatur Jarak Spasi
Untuk mengatur jarak spasi menggunakan cara seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur jarak spasinya.
b) Pada tab menu Home → grup Paragraph → klik ikon Line spacing sehingga muncul pilihan
seperti gambar di bawah.
4. Membuat Penomoran Otomatis
Microsoft Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka
ataupun gambar secara otomatis menggunakan format Bullets dan Numbering. Untuk membuat
penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran.
b) Pada tab menu Home → grup Paragraph → klik ikon Numbering. Maka, akan muncul
pilihan format nomor seperti gambar di bawah.
Adapun jika ingin membuat penomoran dengan gambar menggunakan cara sebagai berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran.
b) Pada tab menu Home → grup Paragraph → klik ikon Bullets. Maka, akan muncul pilihan
format bullet seperti pada gambar di bawah.
c) Pilih salah satu jenis bullet atau gambar yang diinginkan.
5. Membuat Header dan Footer
Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas (top)
halaman, sedangkan footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian margin
bawah (bottom) halaman, Header dan footer bisa diisi dengan teks, gambar, tabel, nomor
halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat header pada dokumen menggunakan cara
seperti berikut.
a) Buka dokumen yang akan diberi header.
b) Pada tab menu Insert → grup Header & Footer → klik ikon Header. Maka, akan muncul
pilihan seperti gambar di bawah.
c) Pilih salah satu Layout header yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan seperti gambar
di bawah.
d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai yang diinginkan.
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer.
Untuk membuat footer caranya sebagai berikut.
a) Buka dokumen yang akan diberi footer.
b) Pada tab menu Insert → grup Header & Footer → klik ikon Footer sehingga muncul
tampilan pilihan layout footer.
c) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan.
d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai yang diinginkan. e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer.
Komentar
Posting Komentar